Gunung Merbabu merupakan salah satu gunung di Jawa Tengah yang terkenal dengan pemandangan alamnya yang sangat indah. Gunung yang memiliki ketinggian 3.142 Mdpl ini terletak di perbatasan antara Kabupaten Boyolali, Magelang dan Salatiga.

Gunung Merbabu memiliki tiga puncak utama, yaitu Puncak Trianggulasi (3.142 Mdpl), Syarif (3.119 Mdpl) dan Kenteng Songo (3.142 Mdpl), untuk mendaki di gunung ini, kita membutuhkan waktu sekitar 7-8 jam dan tentunya tergantung kecepatan kita dalam berjalan.
Banyak jalur pendakian yang bisa ditempuh untuk sampai puncak Merbabu. Jalur dari Salatiga adalah jalur Wekas,Thekelan dan Chenter. Dari Magelang gunakan jalur Suwanting. Dan Selo jika anda memilih lokasi dari daerah Boyolali. Dari beberapa jalur tersebut, jalur Selo merupakan jalur pendakian paling favorit karena menawarkan pemandangan yang indah.

Pendakian Lewat Selo

Bagi pendaki pemula, lebih disarankan untuk mendaki melalui jalur Selo. Untuk menuju ke Basecamp Selo sendiri dari kota Semarang: bisa mengikuti rute Semarang – Salatiga – Boyolali, lalu menuju ke Pasar Cepogo. Tepat di pertigaan pasar Cepogo belok kanan dan ikuti jalan hingga sampai di Basecamp Selo yang berada tepat di kanan jalan depan tulisan NEW SELO, yang terletak di kaki gunung Merapi.

Jalur pendakian Selo menjadi favorit para pendaki karena menawarkan pemandangan alam yang cukup lengkap. Dimana kita bisa melihat hutan pinus, view gunung Merapi, hingga padang rumput yang luas. Selain itu, jalur Selo juga merupakan jalur paling mudah diantara jalur pendakian lainnya. Jadi sangat direkomendasikan untuk para pendaki pemula.

Sesampainya di Basecamp Selo, kita harus membayar retribusi sebesar Rp.15.000/orang (belum termasuk parkir). Basecamp Selo ini cukup unik karena terdapat beberapa rumah warga yang difungsikan menjadi Basecamp, jadi tidak perlu takut penuh, tak kebagian tempat.

Waktu terbaik untuk mendaki melalui jalur Selo adalah: pada siang mulai dari jam 11 hingga jam 2. Dan apabila melakukan pendakian pada malam hari: mulai jam 6 sampai jam 8. Biasanya pendaki lebih memilih naik di siang hari agar bisa melihat keindahan gunung Merbabu ini.